Selama ini diabetes gestasional atau diabetes yang muncul saat kehamilan dikenal bisa memberi dampak hanya pada ibu. Namun, pada kenyataannya, kondisi ini juga turut memengaruhi kesehatan bayi.

Ya, diabetes gestasional sangat berbahaya karena menjadi penyebab utama dalam kasus kematian ibu dan bayi serta menimbulkan komplikasi serius pada proses persalinan.

"Komplikasi dan risiko terkait penyakit diabetes gestasional yang terjadi pada ibu, di antaranya preeklamsia atau eklamsia; komplikasi proses persalinan; dan berisiko mengalami diabetes melitus tipe 2 di kemudian hari," papar dokter Farid Kurniawan, dari Divisi Endokrin dan Metabolik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dalam acara media briefing di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Data Lancet 2011, sebanyak 3 juta bayi lahir mati setiap tahunnya akibat diabetes gestasional. Kehamilan yang disertai dengan diabetes gestasional juga berisiko menyebabkan kematian ibu hingga 4 kali lipat.

Sementara, pada bayi, dituturkan Farid, terjadi komplikasi dan risiko sebagai berikut :

1. Makrosomia (ukuran bayi besar);

2. Distosia bahu (proses persalinan terhambat);

3. Stillbirth (kematian bayi dalam kandungan);

4. Kelainan kongenital;

5. Bayi lahir prematur;

6. Pertumbuhan janin terhambat;

7. Hipoglikemia (gula darah rendah saat lahir);

8. Hiperbilirubinemia (bayi kuning setelah lahir);

9. Hipokalsemia.

Agar terhindar dari kondisi tersebut, sebaiknya setiap wanita melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum hamil. Terutama pengecekan kadar gula darah. Selain itu, lakukan penerapan pola hidup sehat dari sejak sebelum hamil. Yakni pengaturan diet, perbanyak konsumsi serat, dan lakukan olahraga.

"Penurunan berat badan bila overweight; persiapan kehamilan yang baik (usia kehamilan dan pemeriksaan gula darah sebelum hamil); dan menjaga peningkatan berat badan selama hamil," tutur Farid.

Repost @OKEZONE

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang menyinggu Suku - Agama - Ras - Antar Golongan. Segala isi komentar yang ditulis oleh pengguna (user) diluar tanggung jawab Radio Idola FM | Radionya Rang Tebo

 
Top